Perkiraan Biaya Pembuatan Mebel Furniture Kayu

Mebel atau furniture tidak seluruhnya dibuat dari bahan kayu. Jenis bahan dasar utama yang bisa digunakan dan telah dipakai untuk membuat perabot mebel furniture ada bermacam-macam. Namun juga ada bahan dasar lain seperti, dari besi, karet, plastik, triplek, dll. Tapi sampai saat sekarang ini menurut survey bahan baku dari kayu masih menjadi bahan yang paling disukai oleh pembeli furniture mebel.

kursi tamu dari kayu jati
furniture dari kayu
Bahan baku dari kayu sendiri yang paling diminati adalah jenis dari kayu jati, kayu mahoni, kayu mindi, kayu trembesi, kayu sono keling, dan kayu akasia. Karena bahan jenis kayu yang disebutkan diatas memang cenderung lebih awet dan tampilannya juga sangat bagus. Tetapi sebenarnya itu juga pengaruh dari penggunaan furniture tersebut juga. Misalnya untuk set kursi tamu akan lebih baik memakai bahan dari kayu jati, tetapi untuk furniture atap rumah mungkin bisa memakai kayu dengan sifat keras, seperti kayu sengon dan kayu kalimantan. Untuk membuat sebuah perabot mebel furniture dari kayu ada perkiraan biaya mebel furniture yang harus diperhatikan. Apa saja yang perlu diperhatikan, bisa dicermati tulisan dibawah ini:

1. Kayu
Bahan kayu mencakup sekitar 55-75% dari total biaya untuk pembuatan sebuah perabot mebel furniture. Kayu akan sangat berpengaruh besar terhadap harga sebuat furniture mebel. Oleh karena itu penting sekali diketahui tentang jenis kayu sebelum melakukan transaksi jual beli furniture mebel kayu.

2. Bahan finishing
Untuk finishing, adalah hasil akhir dari furniture kayu. Dengan finishing yang baik akan menghasilkan suatu bentuk perabot mebel furniture yang baik pula. Membutuhkan biaya sekitar 20-30% dari total biaya pembuatan furniture kayu. Ini juga tergantung dari jenis finishing yang diinginkan dari pembuat perabot mebel kayu. Untuk beberapa dari model dan bentuk finishing yang agak susah dan rumit (mungkin hingga 10 lapisan), biaya finishing furniture kayu bisa mencapai 45%. Prosentase yang diperkirakan tersebut sudah termasuk biaya untuk tenaga pengerjaan.

3. Perlengkapan hardware
Perlengkapan tambahan ini mencakup segala keperluan pembuatan mebel furniture kayu. Perlengkapan ini termasuk penting, karena akan mempengaruhi kegunaan furniture itu sendiri. Misal almari dengan banyak pintu, maka bahan semisal engsel, paku, dan sekrup, serta aksesories lainnya bisa membutuhkan biaya antara 5-10%.

tag: teknik pembuatan lemari kayu, cara membuat mebel furniture, bahan bahan kayu, cara membuat furniture unik, cara membuat furniture shabby chic, cara membuat furniture dari triplek, cara membuat furniture minimalis, cara membuat furniture dengan sketchup, cara membuat furniture dari barang bekas, cara membuat furniture dari bambu, cara membuat furniture dari plywood, cara membuat furniture, cara membuat furniture dari kayu, cara membuat furniture kayu, cara membuat furniture kardus, cara membuat furniture koran, cara membuat furniture minecraft, cara membuat furniture hpl, cara membuat furniture rumah, cara membuat furniture dari minecraft.


Label:
, , , , , ,

Bagikan: