Kayu merupakan bahan yang hampir pasti digunakan setiap akan membangun sebuah rumah. Atau kayu juga sering dijadikan sebagai produk furniture yang digunakan untuk melengkapi perabotan rumah. Oleh karena itu, ketika ingin membeli kayu, entah untu konstruksi rumah atau perabot furniture, harus bisa mengerti akan kualitas kayu itu sendiri. Terkadang Kita hanya menyerahkan pada tukang, padahal tukang itupun belum tentu paham betul, maka sebaiknya Kita harus belajar sendiri untuk memahami kualitas kayu yang akan Kita gunakan.

mebel furniture dari kayu jati berkualitas
kayu jati untuk perabot rumah
Pemilihan kayu untuk konstruksi rumah
Jika Kita akan membangun rumah, maka konstruksi menjadi prioritas utama. Yang mana konstruksi inilah yang akan menjadikan rumah Kita bisa bertahan lama atau tidak. Oleh sebab itu, saat kita memilih kayu untuk konstruksi rumah sebaiknya Kita memilih kayu yang kuat, keras, dan tahan air serta rayap. Untuk memilih kayu yang baik, Kita bisa mencari informasi di internet atau orang yang sudah berpengalaman. Kayu untuk konstruksi rumah biasanya menggunakan kayu jati, sengon laut, kalimantan, atau kayu nangka. Selain itu juga bisa menggunakan kayu-kayu yang lain, asal bersifat kuat dan tahan lama. Untuk menghindari kayu dimakan rayap bisa membaca tips menjauhkan kayu dari serangan rayap.

Pemilihan kayu untuk perabot rumah
Dalam pemilihan kayu untuk perabot rumah, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Kayu yang biasa digunakan untuk perabot furniture rumah adalah, kayu jati, mahoni, dan sono keling. Kayu-kayu tersebut mempunyai kualitas yang cukup baik dan memiliki urat kayu yang cantik. Untuk mengetahui kayu tersebut yang bisa digunakan, bisa dilihat dari bentuk dan ukuran kayu yang besar dan kuat. Lalu kayu yang baik juga memilik warna yang cerah, segar dan tidak berlubang, Akan berbeda jika kayu tersebut warnanya terlihat mentah, maka bisa dipastikan kayu tersebut belum tua betul dan nantinya tidak awet jika digunakan membuat mebel furniture. Selain itu tingkat kadar air serta kelembaban juga harus dipertimbangkan. Kayu yang baik adalah kayu yang tua dan kering. Jika baru selesai ditebang, maka dipastikan kadar airnya tinggi. Oleh karena itu kita bisa mengeringkannya dengan cara dipanaskan atau diangin-anginkan dibawah sinar matahari. Atau jika ingin cepat, maka kita bisa meminta tolong Jasa Oven Kayu untuk mengeringkannya.

Demikian sedikit tips untuk meilih kayu yang baik dalam pembuatan perabot mebel furniture dari kayu. Semoga bisa menjadi ilmu pembelajaran dalam pembuatan mebel furniture.
Copyright © Info Mebel Furniture - Info Jual Beli Bisnis Mebel Furniture Jati Jepara | Wisata Karimunjawa

AdBlock Detected!

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

MOHON MATIKAN (NONAKTIF) KAN ADBLOCK ANDA.

Thank you!

×