Anda pasti sering mendengar nama hewan rayap. Rayap itu apa? Rayap adalah serangga yang dikenal masyarakat sebagai hama. Rayap bersarang di kayu dan memakan kayu. Bahkan perabotan mebel atau kerangka rumah tak luput dari makanannya, tak jarang kita melihat beberapa produk dari kayu yang sudah usang menjadi lapuk karena rayap tertama kayu bertekstur lunak. Sehingga menimbulkan banyak kerugian secara ekonomi.

hewan rayap pemakan kayu
rayap pemakan kayu
Sebenarnya ada beberapa jenis kayu yang tidak disukai rayap, terutama kayu berjenis keras dan padat, serta berminyak. Kayu Jati sudah terkenal sebagai kayu yang anti rayap karena tekstur yang kuat dan keras sehingga banyak dipilih sebagai bahan pembuat mebel furniture kayu. Bagi Anda yang mempunyai produk perabot mebel furniture dari kayu dan merasa terancam dengan rayap, jangan panik dulu. Dibawah ini ada beberapa tips untuk menjauhkan furniture kayu dari rayap.

1. Pastikan bahan perabot furniture dari kayu yang keras.
Kita harus bisa memastikan dahulu material dalam pembuatan furniture kayu. Apabila bahan yang digunakan adalah kayu yang tidak terlalu keras, seperti Kayu Mahoni, Kayu Trembesi, atau jenis kayu yang lain, Anda dapat merendam terlebih dahulu kayu tersebut sebelum dibuat perabot mebel furniture.

2. Memberi obat anti serangga
Jika Kita sudah mempunyai perabot mebel furniture dari kayu yang tidak terlalu keras. Olesi saja atau lap furniture tersebut dengan “latrex” (obat anti rayap) dengan kain selama kurang lebih sehari. Lalu keringkan dibawah sinar matahari dan angin-anginkan, pastikan benar-benar kering, sehingga rayap tidak menyukainya.

3. Hindari tempat yang lembab
Dalam menaruh perabot furniture dari kayu, sebisa mungkin ditempat yang kering dan terkena sinar matahari yang cukup. Tempatkan juga ditempat yang mudah dijangkau dan dikontrol, sehingga jika ada rayap mulai datang, Kita bisa langsung membersihkannya.
Copyright © Info Mebel Furniture - Info Jual Beli Bisnis Mebel Furniture Jati Jepara | Wisata Karimunjawa