Triplek atau plywood adalah jenis bahan pembuatan furniture. Selain furniture, triplek juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Sekarang banyak sekali jenis dari produksi triplek, mulai dari model ketebalan sampai dari jenis bahan atau kayu yang digunakan untuk membuat triplek.


Kelebihan dan kekurangan triplek

Kelebihan dari triplek adalah sangat praktis penggunaannya, dan daya tahannya bagus terhadap penyusutan kayu. Serta ukurannya yang selalu sama dari panjang dan lebar, sedangkan bahan selain triplek harus menyamakan ukuran dulu saat memulai penggunaan (contoh: kayu harus di ukur dan digergaji dulu di pusat pemotongan sebelum diolah).

Kelemahan dari triplek yaitu mudah melengkung atau bergelombang. Apalagi jika tebalnya hanya 3 mm akan mudah melengkung dan mudah pecah. Jika Anda ingin menggunakan bahan triplek untuk furnitur Anda harus memilih kualitasnya. Tingkat kualitas dapat dilihat dari segi berat dan warna kayu lapisdari triplek. Triplek yang bagus jika dipotong dengan gergaji atau pisau cutter warnanya agak merah gelap atau kecoklatan. Sementara triplek yang berkualitas buruk biasanya ringan dan mudah melengkung jika kering dan mudah sekali dipotong dengan pisau cutter.

Cara mengatasi kelemahan dari triplek
Jjika Anda ingin triplek berkualitas bagus untuk bahan perabotan, Anda harus mengatasinya dengan cara:

1. Meratakan dan Meluruskan Triplek
Adapun cara untuk meratakan triplek sebelum kita meluruskannya, yaitu:
Dempul bagian yang memiliki rongga atau lubang menggunakan campuran kalsium dan lem kayu untuk dempul. Jika Anda ingin cara cepat bisa menggunakan cat tembok yang kental dan dioleskan dengan agak tebal pada bagian yang tidak rata. Cara tersebut bisa memakai kuas dengan cara dioleskan secara sedikit-sedikit pada bagian yang penyok.

2. Cara luruskan triplek yang melengkung dengan air.
Untuk meluruskan lengkungan triplek, Anda bisa memberi air pada triplek lalu diangin-anginkan sebentar dan ditaruh secara vertikal (baca: berdiri) pada dinding, agar air yang terserap pada triplek tidak terlalu banyak. Kemudian letakkan pada lantai yang kering dan rata pada tempat yang teduh dan biarkan triplek mengering. Jika sudah dilakukan, lengkungan triplek akan menjadi lurus kembali.

3. Bagaimana luruskan triplek yang melengkung dengan cat.
Dalam meluruskan triplek yang melengkung, bisa juga menggunakan cat tembok oplosan. Caranya yaitu dengan mengecat triplek yang melengkung dengan cat dasar atau cat oplosan untuk menutupi pori-pori triplek. Cara ini paling cocok triplek yang dibuat untuk ukiran kaligrafi.
Copyright © Info Mebel Furniture - Info Jual Beli Bisnis Mebel Furniture Jati Jepara | Wisata Karimunjawa