Cara Menghitung Kayu Balok per Meter Kubik

Halo kawan dan sahabat jepara info mebel, bagaimana kabarnya hari ini, masih bergelut di dunia furniture kayu nggak? Semoga nggak bosan ya dengan mainan kayu? Tapi ini main kayu yang beneran main kayu ya, bukan main kayu buat tawuran lho, hehehe.

gambar tabel cara hitung volume kayu
Gambar oleh : Helmut Todo Tua Simamora (alamat FB klik)

Kali ini saya akan membagi info cara untuk menghitung kayu balok. Kayu balok adalah kayu olahan dari penggergajian kayu yang sudah di potong-potong dan siap pakai. Kayu ini disebut balok karena bentuknya yang menyerupai bentuk dari pelajaran matematika, yaitu balok (temannya kubus dan kerucut, hehehe). Sebenarnya masyarakat masih banyak yang belum tahu cara mengetahui hitung-hitungannya meter kubik, ini disebabkan masyarakat sudah under estimate duluan. Kebanyakan udah males belajar kalau lihat angka-angka, padahal caranya sebetulnya mudah lho. Kita tidak harus jadi ranking 1 jaman di sekolah dulu, dan tidak harus dapat nilai 10 pada ulangan matematika. Tapi dengan cara sederhana kita bisa menghitung kayu balok per meter kubik (m3) sendiri.

tabel hitungan kubikasi kayu
Gambar oleh : Helmut Todo Tua Simamora (alamat FB klik)

Kayu sebanyak 1m3 (baca: kayu satu meter kubik, bukan 1 kartu m three lho, hehehe), yaitu kayu yang banyaknya dihitung dari ukuran panjang, lebar, dan tebal kayu. Jadi tidak sama tiap kayu, berbeda-beda tergantung volumenya. Berapa sih banyaknya jumlah papan atau kayu dalam 1 (satu) meter kubik itu? Berikut ini cara menghitung jumlahnya kayu atau papan dalam 1 meter kubik.

1. Cara yang pertama dan paling mudah untuk mengetahui jumlah kayu atau papan per satu kubik adalah dengan mengalikan ukuran panjang, lebar, dan tebalnya. Lalu jumlah tersebut digunakan untuk membagi jumlah ukuran 1 meter kubik (1 meter kubik = 10.000). Jadi, jika misalnya kita mau beli kayu sejumlah 1 meter kubik dengan panjang 4 m (meter) x lebar 10 cm x tebal 10 cm, maka hasilnya adalah = 25 lembar kayu per meter kubiknya. Bagaimana kita bisa dapat 25 lembar kayu? Karena 10.000 : P x L x T (400) = 25, Masih bingung, perhatikan penjelasan berikut ini:

Pertama kita jumlahkan dulu kayunya dengan P x L x T, diatas disebutkan panjang 4m x lebar 10cm x tebal 10cm = panjang 4 x lebar 10 = 40 dikalikan lagi tebal 10 = 400.
Jadi 10.000 : 400 = 25. Jadi, jumlahnya adalah 25 lembar / batang kayu.

Gimana, sudah mengerti, apa tambah bingung? Masih belum jelas ya, saya ulangi lagi deh, biar lebih NGEH, hehehe.

Intinya kita ingat-ingat dulu 1m3 adalah 10.000, dan itu yang akan kita bagi pada ukuran kayu (PxLxT) atau dengan kata lain 10.000 : (PxLxT), Kalau sudah tau, diinget-inget ya, kita pegang 10.000 tapi jangan buat jajan, dipegangin aja, hehehe. Misal lagi nih, Kita mau beli kayu jumlahnya 1 m3, kayu-kayu tersebut anggap saja semua berukuran sama, yaitu panjang 4m, lebar 5cm, dan tebal/tinggi 2cm. Jadi berapa jumlah batang / lembar kayu yang kita dapatkan?

Dihitung lagi aja,
10.000 dibagi (4x5x2) atau dengan kata lain 10.000 : 40 (hasil penjumlahan 4x5x2) sama dengan 250 lembar kayu. Jadi kalau misal kita beli kayu dengan jumlah 1m3 dengan ukuran kayu yang sama semua, yaitu P 4m x L 5cm x T 2cm, kita akan mendapat batang/lembar kayu sebanyak 250 kayu. Kalau dikasih kurang dari itu jangan mau, tapi kalau dikasih lebih, terima aja, hehehe. Jangan lah kawan, berdosa itu, kita sebagai manusia harus jujur ya, nggak boleh curang...hehehehe.

2. Sebenarnya ada cara lain, tapi metodenya sama, yaitu caranya 1m3 (dibaca 1 saja, tidak 10.000 seperti diatas) dibagi PxLxT (tapi dengan cara disamakan dulu menjadi meter semua). Misal nih kayak yang diatas, Kita mau beli kayu 1m3 dengan ukuran kayu P 4m x L 5cm x T 2cm. Jadi sama tadi rumusnya, 1 : (PxLxT). Tapi panjang kayu, lebar kayu, dan tebal kayu diubah jadi satuan meter semua dulu. Kalau ukuran diatas jadi 1 : (P 4m x L 0,05m x T 0,02) = 1 : 0,004 (hasil penyamaan satuan meter), dan hasilnya adalah 1 : 0,004 sama dengan 250 batang/lembar kayu. Nah hasilnya sama kan? Kalau nggak sama, berarti hitungan kamu ada yang nggak bener.

Oke, segitu dulu ya hitung-hitungan rumusnya. Semoga bermanfaat deh, amin. :)


Label:
, , , ,

Bagikan: