10 Daftar Rumah Paling Kecil dan Sempit Di Dunia

Rumah berukuran kecil atau mini biasanya identik dengan ketidaknyamanan. Alasannya dikarenakan rumah kecil mungil biasanya pengap, panas dan sempit. Membuat kemewahan ruangan dalam rumah memang tidaklah mudah. Apalagi dengan biaya hidup yang menjulang seperti sekarang. Biaya membangun rumah menjadi alasan klasik dalam membuat rumah kecil dan sempit atau mini. Tetapi dengan desain yang unik dan cantik, meskipun berukuran ruang yang kecil, Kita bisa mengurangi pengeluaran energi untuk bahan bangunan, tinggal di rumah yang lebih kecil adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi jejak ekologi Anda. Hal inilah yang dilakukan oleh beberapa orang di dunia ini. Mereka membuat rumah kecil mungil dan mini agar lebih mudah dan murah serta nyaman untuk ditinggali. Berikut adalah daftar 10 rumah terkecil dan paling sempit di dunia.

tumbleweed house

1.Rumah Tumbleweed
Semenjak tahun 1997, Jay Shafer dari Tumbleweed Small House Company menghuni di rumah yang lebih kecil daripada lemari kebanyakan orang lainnya. Meskipun kecil dan sempit namun memiliki kenyamanan dan desain rumah kabin-esque yang luar biasa. Hampir perabot yang banyak dibutuhkan orang ada di dalamnya, seperti ruang kerja, kamar tidur, kamar mandi (dengan toilet dan shower). Bahkan terdapat teras sehingga pemilik rumah dapat duduk dan menikmati dunia luar di ruangan yang terbuka.

micro compact home

2.Micro Compact Home
Ukuran rumah ini hanya 2.6m dan berbentuk dadu. Rumah ini bernama Micro Compact Homes. Entah bagaimana carnya, tapi penghuni rumah ini berhasil untuk membuat dua tempat tidur ganda, kamar mandi, lobi, ruang makan untuk 4 hingga 5 orang, dapur, serta terdapat ruang hiburan teknologi top-notch. Benar-benar luar biasa dengan ukuran rumah yang sekecil dan sesempit ini.

toronto little house

3.Toronto's Little House
Terselip diantara rumah tetangganya yang berukuran normal, membuat rumah miniatur ini tidak menjadi rumah yang paling kecil di dunia, tetapi kemungkinan adalah rumah terkecil di Toronto, Kanada. Rumah ini hanya berukuran 312 kaki.

rollit home

4.Rollit Homes
Seorang mahasiswa asal Jerman yang kuliah di University of Karlsruhe merancang rumah-rumah modular chic, yang dibangun untuk menggabungkan beberapa kegunaan dalam satu ruang tamu kecil. Kelebihan desain rumah kecil seperti rollit homes ini memiliki roda dan berbentuk seperti rumah tikus. Fungsinya agar pemilik rumah dapat mengubah struktur rumah dengan berjalan di tengah roda yang berputar itu.

eco bike trailer house

5.Eco Bike Trailer
Paul Elkins aadalah nama pemilik rumah ini. Awalnya dirancang seperti sepeda trailer untuk berkeliling di acara Burning Man Festival. Dalam rumah ini hanya ada satu ruangan saja, bahkan jika ingin ke toilet, pemilik rumah harus mencariya diluar. Tapi dalam rumah itu dilengkapi oleh turbin angin dan oven bertenaga surya dengan sistem pemanas.

smallest house

6.Smallest House in Great Britain
Rumah ini juga dikenal sebagai Quay House, yaitu rumah terkecil di Inggris. Smallest House hanya berukuran 10 kaki dan digunakan sebagai salah satu tempat pertunjukan atraksi turis di Conwy, Wales.

twelve cubed mini home

7.Twelve Cubed Mini Home
Menurut desainernya, rumah kecil ini memiliki mesin cuci piring, kamar mandi, lemari, microwave oven dan modern combo, serta banyak cahaya alami yang masuk didalamnya. Bagian belakang rumah dibuat untuk memungkinkan lebih banyak orang hidup lebih dekat dengan alam.

nano house

8.Nano House
Rumah ini dibuat untuk membantu memecahkan krisis perumahan global di dunia. Nano House ini hanya berukuran 25 meter persegi yang dirancang untuk rumah keluarga dengan empat penghuni. Nano house juga dilengkapi dengan isolasi state-of-the-art dan pemanas surya pasif untuk penghematan energi. Kamar juga dibuat sedemikian rupa dan ruangannya dikonversi agar menjadi ruang yang sebagian besar dan sebagian menjadi ruang kecil.

tiny texas house

9.Tiny Texas Houses
Tidak semuanya rumah di Texas itu besar, buktinya ada rumah kecil yang dinamai Tiny Texas Houses. Bertempat di Luling, Texas, rumah ini adalah sebuah rumah kecil yang terbuat dari bahan daur ulang.

single house

10.Single House
Desain rumah ini termasuk mutakhir, dan terinspirasi oleh tampilan billboard pinggir jalan. Menurut desainer Polandia yang menciptakan rumah ini, Single House adalah rumah kontemporer yang sempurna.


Label:
, ,

Bagikan: