Hai kawan kawan pecinta mebel jepara, ketemu lagi dengan admin nih! Setelah lama blog Jepara Info Mebel tidak diupdate. Maaf ya, kalau membuat pecinta Info Mebel Jepara pada bertanya-tanya, hehehe. Kali ini admin akan memberi satu tips yang mungkin kawan kawan cari. Apakah itu, simak saja ya uraian dibawah ini!

ukiran relief kaligrafi 3 dimensi
ukiran kaligrafi 3 dimensi

Membuat sebuah atau sesuatu karya seni, khususnya ukiran memang tidak mudah, namun kalau anda mau bersungguh sungguh ingin belajar, tentu tidak ada kata tidak mungkin, benar tidak? Bahkan untuk membuat suatu produk furniture, kalau kita tekun pasti bisa. Nah kalau anda berniat ingin belajar membuat ukiran kayu yang sederhana, silahkan baca ulasan dibawah ini hingga selesai, karena blog jepara info mebel akan menulisnya.

Berikut adalah langkah membuat ukiran sederhana:

1. Pilih langsung gambar yang sesuai keinginan kita

2. Copy atau cetak (bisa juga digambar langsung). Kalau tidak mau repot cari gambar di google, jika sudah dapet pergi ke poto copy untuk mencetak motif atau pola apa yang akan kita buat.

3. Tempelkan (dengan lem) pada bidang kayu yang ingin anda ukir. Jangan pakai paku, nanti pahat kita patah (goang : bahasa Jawa)

4. Lalu siapkan pahat yang akan kita pakai untuk mengukir (sekalian palunya, yang dari kayu ya biar pahat kita awet).

5. Mulailah dengan yang paling mudah, seperti membuat goresan goresan kecil mengikuti alur motif ukiran,

6. Kerjakan secara hati hati, cermat, dan teliti.

7. Jika sekiranya sudah selesai, perhatikan lagi dengan seksama, jangan sampai ada yang belum diukir.

8. Yang terakhir, jika perlu, kita bisa mewarnai sesuai keinginan kita.

Nah bagaimana, cukup sederhana dan mudah bukan kalau mau mengukir? Memang sih, ada tambahan yang paling penting, yaitu bakat. Kegiatan ukir mengukir kayu akan lebih gampang jika kita sudah punya skill. Pahatan kita akan terlihat natural, halus, dan indah, serta berseni. Ukiran kayu membuat proses pembelajaran yang menarik bagi pemula. Kenapa, karena selain bisa penyalur hobi, kita juga bisa mendapat pemasukan. Akan sangat menarik sebagai bentuk seni dan hobi yang aktif.

Kalau tips diatas dirasa kurang, saya ada sedikit tambahan dalam hal tips dalam mengukir kayu. Berikut adalah cara atau teknik mengukir yang umum di gunakan oleh seniman ukir kayu.

1. Teknik Chip

Dalam teknik chip-ukiran, juga dikenal sebagai ukiran sendok, Anda memakai pisau untuk menghilangkan serpihan kayu kecil dari panel atau blok. Memakai alat-alat seperti pahat dan palu dalam mengukir kayu dan benda-benda jauh berbagai mode mungkin terdengar sederhana, tetapi tetap melibatkan banyak hal detail dan rumit yang harus diperhatikan.

2. Teknik Membuat Pola Ukiran

Mungkin metode yang paling kuno dan paling mudah untuk ukiran kayu ialah membuat dari blok kayu atau panel untuk menciptakan pola-pola untuk item dekorasi di sekitar rumah. Bentuk dan pola yang teratur atau abstrak bisa kita sesuaikan dengan kesukaan kita. Jangan terpaku dengan pola yang ada di pasaran, karena kita tetap bisa menganut hukum ekonomi. Jika kita bisa mencipta hal baru, maka peluang untuk mendapat hasil lebih akan menjadi mudah.

3. Teknik Ukir Putaran

Sebuah jenis ukiran 3 dimensi dari ukiran kayu yang digunakan terutama oleh seniman dan pemahat berpengalaman dan telah ahli. Teknik putaran ini akan sangat cantik jika dilakukan oleh seorang pengukir berpengalaman. Teknik putaran banyak terdapat pada pola ukiran tradisional. Dan bagian mengukir pada balok kayu adalah kunci untuk teknik ini. Untuk mengukir sebuah putaran, kita harus menggunakan hampir semua alat dan instrumen.
Copyright © Info Mebel Furniture - Info Jual Beli Bisnis Mebel Furniture Jati Jepara | Wisata Karimunjawa