Bagi yang ingin mempunyai Usaha bimbingan belajar (bimbel), kami ucapkan selamat datang di blog kesayangan kita ini dan selamat membaca. Kali ini kita akan membahas bisnis usaha bimbingan belajar. Usaha ini sebenarnya mampu berkembang dengancepat seiring dengan meningkatnya kebutuhan para pelajar. Hal ini dilakukan agar para pelajar tersebut  bisa mengikuti pelajaran dengan baik untuk menghadapi persaingan memasuki sekolah dan universitas favorit atau untuk kegiatan belajar disekolahnya masing-masing.

program belajar mengajar
bimbel - bimbingan belajar

Bimbingan belajar atau disingkat BIMBEL, adalah bisnis yang dapat dimulai dari skala kecil atau skala menengah dan berpotensi berkembang dengan seiring waktu makin banyaknya pelajar yang ingin bimbingan belajar. Sejumlah tempat bimbingan belajar yang telah sukses lebih dulu diantaranya Ganesha Operation, Prima Gama, dan Nurul Fikri. Mereka bisa memanfaatkan peluang bisnis di sektor pendidikan dan terbukti telah sukses menjalani bisnisnya.

Berikut 5 langkah penting untuk melakukan riset dan perencanaan tertulis agar bisnis berpotensi sukses ketika dijalankan dan kiranya kita butuhkan untuk membangun bisnis bimbel yang menguntungkan dan sukses kedepannya.

1. Tentukan area geografis (tempat belajar)
Sebisa mungkin, bangnlah tempat belajar yang strategis dan mudah dijangkau. Jika bimbel diadakan di rumah pribadi atau gedung tersendiri, pastikan bahwa lokasi tempat bimbel tidak terlalu jauh untuk siswa-siswi. Biasanya mereka tidak akan mau datang ke lokasi bimbel yang jaraknya lebih dari 30 menit perjalanan karena bisa merepotkan.
NB: Jika bimbel diadakan di rumah siswa atau private, hal yang perlu dipertimbangkan ongkos dan waktu di perjalanan agar tidak merugi.

2. Tentukan mata pelajaran (MAPEL khusus)
Yang perlu dikrtahui adalah 2 hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih mata pelajaran untuk bimbel Anda. Pertama, memilih mata pelajaran yang paling banyak diminati (disukai) atau paling banyak dibutuhkan. Misalnya, matematika atau bahasa Inggris. Kedua, silahkan pilih mata pelajaran yang Anda miliki dasar pengetahuan yang anda paling kuasai. Jika ini kesulitan, anda bisa mencoba tawarkan kerjasama dengan guru lain.

3. Tentukan harga (kejelasan nominal)
Harga sangat menentukan dan dijadikan prioritas utama. Ketika seseorang akan memulai bisnis bimbel, pastinya akan membutuhkan sedikit riset pasar. Jika Anda sudah menentukan poin 1 dan 2 diatas, tambahan riset akan lebih mudah untuk menentukan harga layanan bimbel anda.

4. Mempromosikan bisnis (memperkenalkan)
Promosi adalah bagian terpenting dari elemen operasional bisnis bimbel. Jika Anda adalah satu-satunya pengajar, mungkin akan mudah menggunakan metode word of mouth. Namun, jika bimbel terdiri dari beberapa pengajar, promosi bisa dilakukan dengan berbagai metode. Misalnya, promosi online, menggunakan selebaran, atau promosi langsung ke sekolah.

5. Administrasi bimbel (koordinasi)
Pastikan administrasi bimbel Anda terorganisir dengan baik agar mudah dalam mengelola dan mengembangkan bisnis ini. Administrasi itu sendiri terdiri dari data siswa, jadwal bimbel, billing, catatan pengeluaran dan pemasukan, serta invoice.

Nah itulah sedikit informasi tentang cara memulai berbisnis Bimbel. Kita harus sabar dan teliti serta mengetahui terlebih dahulu pelauang pasar. Bisnis bimbel memang berbeda dengan bisnis lainnya, maka sedari awal kita harus riset pada para pelajar didaerah yang akan kita buka bimbel. Sekian, dan semoga bermanfaat.
Tips Membuka Usaha Bimbel, Pada: 24 Februari
Copyright © Info Mebel Furniture - Info Jual Beli Bisnis Mebel Furniture Jati Jepara | Wisata Karimunjawa