Tips Merawat Sofa

Sofa merupakan salah satu barang yang termasuk penting diantara perabotan rumah lainnya,. Kenapa bisa penting, karena sofa biasanya terletak di ruang tamu atau di ruang keluarga. Sofa adalah pandangan pertama saat tamu memasuki rumah kita. Sehingga akan menjadi malu jika sofa kita tidak terawat dengan baik. Berikut beberapa tip cara merawat sofa.

kursi sofa jati jepara murah
kursi sofa jati

  1. Bila di rumah ada binatang peliharaan, terlebih lagi anak kecil, bersihkan sofa setiap hari menggunakan alat penyedot debu. Apalagi jika sofa terbuat dari kain bertekstur yang mudah ‘menangkap’ debu. Perhatikan juga sudut-sudut kursi tempat debu dan kutu bisa bersarang. Bila perlu, sebelum disedot, korek bagian tersebut menggunakan sikat plastik.
  2. Jemurlah bantalan kursi di bawah sinar matahari satu minggu sekali, kurang lebih selama 1 jam. Jangan lupa, pukul-pukul dan balik-balik bantalan agar debu yang menempel hilang. Dengan begitu, isi bantalan akan menyebar rata dan tetap menggembung. Jangan terlalu lama menjemur di bawah panas matahari karena akan memudarkan warna dan corak bantalan.
  3. Jika sofa terkena noda, segera bersihkan. Bila terlambat, noda akan sulit dibersihkan. Aapalagi bila sofa terbuat dari bahan yang ‘peka’, seperti sutra, linen, kulit asli, atau beludru. Jangan gunakan cairan kimia jika Anda tidak tahu cara menggunakannya. Gunakan air biasa, langsung lap dengan kain kering, lalu jemur. Untuk mengeringkannya, biarkan terkena angin. Jangan gunakan hair dryer, apalagi jika terbuat dari sutra, karena kain sofa bisa mengerut.
  4. Bila sofa terbuat dari bahan yang mahal, lebih baik serahkan pembersihan kepada tenaga profesional yang sudah teruji keahliannya.
  5. Jika Anda ingin menyemprotkan insektisida pada sofa, tanyakan kepada ahli sofa cara menggunakannya, agar kain sofa tidak cepat rusak.
Demikian sedikit tips tentang merawat sofa secara baik dan benar. Semoga bisa membantu Anda yang sedang mencari informasi seputar cara perawatan sofa.


Label:
, , ,

Bagikan: